Rabu, 12 September 2012

Buku Harian



 Buku Harian
 
  • ·         Buku Harian merupakan buku yang berisi catatan kehidupan dan kegiatan seseorang yang dicacat setiap hari. Yang ditulis dalam buku harian adalah kejadian, peristiwa yang dialami dan dianggap penting pada hari tersebut.

  • ·         Sifat buku harian adalah pribadi,sering juga disebut buku pribadi. Buku pribadi bersifat rahasia dan tertutup artinya orang lain tidak boleh membaca atau melihat-lihat isi buku tersebut tanpa seizin pemiliknya.

  • ·         Cara penulisannya terbagi atas beberapa bagian, bagian penanggalan (tanggal), waktu (pukul/jam), dan peristiwa. Berikut uraian bagian-bagian dari buku harian:
1.       Tanggal                 : Bagian tanggal digunakan untuk mencatat kapan peristiwa itu terjadi. 
2.       Waktu                   : Waktu digunakan untuk mencatat kapan berlangsungnya suatu peristiwa. Dalam waktu, dituliskan pukul berapa dan jika perlu berapa lama. 
3.       Peristiwa             : Bagian peristiwa dipergunakan untuk menulis atau mendeskripsikan kegiatan yang akan dilaksanakan atau peristiwa yang dialami secara rinci dan berurutan. Dalam menggambarkan peristiwa agar mampu mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya.

  • ·         Fungsi buku harian yang lain adalah sebagai kenangan masa-masa yang pernah kita alami. Bisa juga sebagai momento/sejarah kehidupan kita. Seiring dengan perubahan zaman yang terlalu cepat sehingga perubahan tersebut membuat individu semakin stress entah dengan kariernya atau keluarganya, Diary atau buku harian pun berubah fungsi dari sekedar menyimpan kenangan menjadi sebuah media untuk mencurahkan perasaan seseorang atas masalah yang dihadapinya. Menurut Alice D. Domar, menulis buku harian adalah sebuah langkah untuk mengungkapkan emosi dan perasaan kita dan membantu kita untuk merawat pikiran kita. Juga dengan berkembangnya teknologi, buku harian sekarang tidak hanya ditulis pada secarik kertas namun juga bisa berupa data di komputer atau notebook bahkan ada yang berupa fasilitas daring untuk menulis buku harian di Internet.
  • ·         Bahasa yang digunakan di dalam buku harian tidak harus formal (bahasa resmi/sopan), kita boleh memakai bahasa informal (bahasa sendiri) sesuai selera penulis dan ekspresif.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar