Rabu, 05 September 2012

Contoh Naskah Pidato (Bahasa Indonesia)


Manfaat Mencari Ilmu
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji syukur kehadirat Allah atas segala nikmat dan kesehatan yang diberikannya. Shalawat serta salam kita panjatkan kepada nabi besar kita Muhammad SAW. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Manfaat Mencari Ilmu. Kita seharusnya sudah mencari ilmu sejak kecil. Karena ilmu akan selalu baerguna dalam hidup kita.

Bahkan Allah sudah menyuruh kita untuk membaca dan belajar, terutama ilmu islam. Allah juga menganjurkan kita untuk berbagi ilmu kepada yang lain. Manfaat lain dari orang yang mencari ilmu adalah tidak akan dilaknat oleh allah. Dalam ajaran islam, ilmu pengetahuan memiliki kedudukan paling tinggi melebihi hal-hal lain. Saat ini kekuatan tidak bertumpu pada kekuatan fisik dan harta, tetapi kekutan dalam hal ilmu pengetahuan. Bahkan orang yang tinggi derajatnya di hadapan Allah adalah mereka yang berilmu. Karena itu, kita harus mencari ilmu ke manapun. Salah satu manfaatnya adalah kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, ilmu juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Jika kita tidak mencari ilmu kita pasti tidak akan bisa menempuh hidup kita. Sudah sewajarnya orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalan menuju surga , karena dalam segala sesuatu dalam kehidupan ini harus tahu ilmunya.
Ada hadis mengatakan jadilah kamu seorang yang berilmu , atau menuntut ilmu , atau orang yang suka mendengarkan ceramah keilmuan , atau orang mencintai ilmu , janganlah tidak menjadi dari pilahan keempat tersebut , artinya tidak menjadi apa-apa niscaya kamu rusak dan tidak beruntung di dunia maupun di akhirat .Dalam kehidupan ini, setiap orang berhak dan diwajibkan untuk mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya, dengan kita semakin banyak mendapatkan ilmu maka akan semakin banyak pula pengetahuan dan kemampuan kita. 

Kita mencari ilmu untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kita, manusia itu perlu berkembang demi meningkatkan kualitas hidup di masa depan nanti. Meskipun ilmu yang sedang kita dalami hanya fokus terhadap satu bidang, tapi kita juga tetap harus mencari ilmu supaya ilmu yang kita dalami itu tidak hanya sebatas di level satu.Terlebih lagi dalam kehidupan ini yang namanya zaman pasti setiap waktu akan terus berganti, jadi belum tentu pengetahuan yang kita kuasai di zaman sekarang akan tetap menjadi pengetahuan yang efektif di zaman berikutnya. Ketika kita sedang mencari ilmu, itu berarti kita juga sedang beradaptasi dengan perkembangan zaman yang terjadi.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekurangan serta kesalahan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar